Thursday 22 June 2023

Bekerja dari Kafe Bustan Allaca Trawas: Kafe Asri Berkonsep Kebun





Bekerja dari Kafe Bustan Allaca Trawas: Kafe Asri Berkonsep Kebun - Apabila kamu sudah membaca mengenai Dimensi Kopi, maka kamu harus mencoba ke Bustan Allaca yang merupakan tetangga dari Dimensi Kopi.

Dalam KBBI Bustan berarti: kebun, taman. Sedangkan Allaca diambil dari nama pemilik Bustan Allaca.







Sesuai dengan namanya, Bustan Allaca memiliki konsep kafe kebun. Dari pintu masuk hingga dalam dipenuhi dengan tanaman hijau. Kursi dan meja di kelilingi oleh tanaman hidup, bukan lagi tanaman yang diletakkan di atas meja. Kafe ini berkonsep semi outdoor dengan colokan di setiap meja yang ada di area depan bar.











Lokasi Bustan Allaca berada di gang sebelah SD Ketapan Rame 1, tidak jauh dari Dimensi Kopi. Saya dan teman-teman datang ketika Bustan Allaca masih sepi, belum ada pengunjung. Waktu menunjukkan pukul sembilan pagi. Kami pun bebas mengeksplorasi tempat tersebut dan mengabadikannya.

Menjelang siang, Bustan Allaca mulai dipadati pengunjung, terutama oleh anak-anak sekolah. Sepertinya, tempat ini memang tempat favorit mereka, ya.

Tempat ini menyediakan kamar mandi yang menyenangkan, sangat asri, sejuk, dan bersih. Lantai dari kamar mandi terdapat batu-batu kecil.

Apakah Cocok Untuk WFC?



Sebelum datang ke Bustan Allaca, saya sudah bertanya melalui DM mengenai tempat ini. Saya menanyakan apakah ada WiFi, mushola, dan colokan? Karena saya berencana WFC di sana. Admin Bustan Allaca menjawab, mereka menyediakan mushola dan colokan, tetapi tidak ada WiFi.




Memang, umumnya kafe akan menyediakan WiFi untuk menarik pembeli dan saya akan mencari tempat yang menyediakan WiFi. Akan tetapi, karena saya penasaran dengan tempat ini, maka saya tetap datang meskipun tahu tidak ada WiFi.

Untungnya, lokasi Bustan Allaca bukan di tempat yang tidak ada sinyal. Sehingga, saya bisa menggunakan paket data untuk menulis di sana.

Makanan & Mimuman Bustan Allaca


Sebelum datang ke tempat ini, saya pikir harganya akan menguras kantong. Tetapi, ternyata tidak sama sekali. Kami datang berempat dan uang yang kami habiskan hanya sekitar 200 ribu, itupun sudah termasuk minuman, makan siang, dan camilan.

Minuman


Hal pertama yang saya nilai dari sebuah kafe adalah rasa kopinya. Apakah kopi yang mereka miliki akan sesuai selera saya atau tidak.

Di bawah ini merupakan minuman yang kami pesan, sebagai catatan tidak semua minuman saya cicipi. Saya hanya akan mencantumkan harga dan sedikit penjelasan.

Bustan 17K



Bustan merupakan signature coffee dari kafe ini. Biasanya, saya akan memesan cappucinno, tetapi apabila di kafe tersebut ada signature coffee maka kemungkinan besar akan memesan signature mereka.

Bustan memiliki rasa yang creamy, cukup strong, dan manis, tetapi bukan yang manis banget. Sejujurnya, saya lupa untuk memesan tanpa gula atau less sugar, sehingga tidak tahu tingkat pahitnya seberapa.

Namun, rasanya cocok di lidah saya.

Bloopy Matcha 18K



Bloopy matcha merupakan minuman matcha yang dikasih es krim di atasnya. Saya tidak tahu bagaimana rasanya, tetapi kata teman saya rasanya terlalu manis, cenderung eneg.

Amarel 15K



Minuman dengan rasa kiwi dan non-soda, di atasnya ada kayu manis. Rasanya segar dan manis.

Moccacino 17K



Moccacino yang sempat saya cicipi juga kopinya terasa. Saya mengatakan kopinya terasa itu yakni tidak dominan susu maupun cokelatnya. Saya suka dengan tipe kopi yang mereka gunakan. Sebab, ada beberapa rasa kopi yang kurang cocok di lidah saya dan beberapa lagi membuat perut saya kembung atau asam lambung naik.

Makanan



Bustan Platter 19K



Bustan Platter terdiri dari sosis, tahu walik, kembang kol goreng, dan kentang goreng. Yang membuat istimewa dari Bustan Platter adalah kembang kol goreng dan sausnya. Saya tidak tahu saus apa yang mereka gunakan, tetapi bukan sekadar saus tomat dan mayones saja.

Chicken Matah Bowl 18K



Berupa ricebowl dengan ayam krispi, telur mata sapi, selada dan ditambah sambal matah. Rasa sambal matahnya cukup enak. Tapi, kata teman saya lebih dominan bawang merah. 


Chicken Boosy 18K



Chicken Boosy masakan ayam kripi yang disiram dengan saus rasa pedas dan manis. Pedas yang disajikan terdiri dari lada hitam. Lalu, disajikan dengan brokoli dan telur mata sapi.

Beef Sweet Boosy Bowl 22K



Tidak jauh berbeda dengan Chicken Boosy, bedanya Beef Sweet Boosy Bowl berupa daging slice. Rasa yang saya dapat pedas dari lada hitam dan potongan cabai. Menu ini juga disajikan dengan selada dan telur mata sapi. 

Bagi saya menu makanan dan minuman di Bustan Allaca sangat terjangkau dan rasanya enak. Kopi yang disajikan pun sesuai selera saya. Sepertinya, saya bisa melipir ke sini seorang diri untuk menulis dengan santai.

kiri: kamar mandi, tempat wudhu, mushola

Selain karena tidak ada WiFi, minus dari tempat ini adalah tempat wudhu-nya terlalu terbuka. Tidak ramah untuk perempuan berhijab. Selebihnya, tidak ada masalah.

Apakah kalian juga ingin datang?

No comments:

Post a Comment